Editors Picks

Tuesday 1 November 2016

Tips dan Trik Windows 10




Windows akhirnya merilis seri sistem operasi terbarunya yang diberinama Windows 10 yang baru saja meramaikan pasar dan menghentak konsumen beberapa saat lalu. Lalu apa kah yang membuat OS terbaru besutan Windows ini diklaim yang terbaik sejauh ini? Apa yang membuat Windows 10 ini ditunggu tunggu kehadirannya? Banyak pihak yang sudah mereview akan kehebatan dari OS teranyar dari vendor Microsoft tersebut. Beberapa diantaranya menunjukkan fitur terbaru di Windows 10 yang belum pernah ada di seri OS Windows sebelumnya. Tak sedikit juga Windows 10 ini meningkatkan fitur fitur yang sudah ada sebelumnya.



Banyak para pengguna yang mengeluhkan kebingungan dengan tampilan (User Interface) dari Windows 10, namun ini semacam tantangan tersendiri bagi kita untuk lebih meng-eksplore tentang hal baru di Windows 10. Di Windows 10 sendiri banyak fitur-fitur baru seperti Multi-desktop, Cortana dan kembalinya Start Menu yang hilang di Windows 8. Nah untuk lebih mengetahui dan mengenal dasar-dasar di Windows 10 hingga bagian dalam Windows 10 yang mungkin belum kalian ketahui, kali ini saya akan sedikit mereview Trik Tersembunyi di Windoes 10 Paling Baru. Selamat Membaca


Adanya Fitur Search/Cortana

Nah bagi kalian pengguna baru di Windows 10 ini mungkin agak sedikit ribet untuk urusan konfigurasi awal. Seperti diuraikan sebelumnya, banyak pengguna baru yang mengeluhkan tampilan (User Interface) dari Windows 10, sehingga membuat pengguna agak sedikit kesulitan menemukan menu atau dokumen yang ingin mereka akses, untuk itu gunakanlah Fitur Search atau yang disebut dengan Cortana ini untuk menemukan menu, kontrol pengguna, dokumen atau apapun itu sehingga kalian tak perlu kesulitan lagi dalam menemukan apa yang kalian perlukan.

Atur Privacy Sesuai Kebutuhan

Privasi adalah hal yang utama apalagi itu menyangkut perangkat pribadi kalian. Jadi sebelum menggunakan Windows 10, ada baiknya kalian mengatur Privacy pada Windows 10 sesuai dengan kebutuhan kalian, misalkan jika kalian tidak membutuhkan Wi-Fi Sense kalian bisa menonaktifkannya begitupun dengan P2P Upgrades, jika kalian tidak membutuhkannya silahkan dimatikan saja.

Kembali Munculnya Start Menu

Setelah sempat menghilang di Windows 8, kini Start Menu baru hadir di Windows 10, jika dilihat, Start Menu ini seperti gabungan dari Windows 8 dan Windows 7. Kalian juga bisa melihat Aplikasi Populer atau Aplikasi yang baru di-install melalui Start Menu ini.

Pengaturan Layar Utama

Jika kalian merasa aplikasi bawaan Windows 10 tidak begitu berguna dan hanya memenuh-menuhi Start Menu pada layar, kalian bisa juga menghapus aplikasi-aplikasi tersebut dan menggantinya dengan aplikasi pilihan kalian. Selain itu kalian juga bisa mengatur ukuran dari pada Tiles dari aplikasi aplikasi yang ada pada start menu, jika tidak sesuai, kalian pun bisa dengan bebas memindahkannya.

Beberapa Shortcut Key yang Berguna

Jika kalian seorang yang menghargai waktu dan tidak suka bertele tele dalam melakukan aktivitas terutama mengakses menu menu di komputer maupun PC, terutama pada Windows 10 ini, ada beberapa Shortcut Key yang mungkin akan berguna bagi kalian, beberapa diantaranya adalah
  • Win+Tab – Mengaktifkan Task View (more on that later)
  • Win+C – Mengaktifkan Cortana dalam Mode Pendengaran, jadi kalian bisa mengucapkan apa yang kalian cari
  • Win+Q or Win+S – Membuka fitur Search/Cortana dalam Mode Pengetikan
  • Win+I – Membuka Setting Aplikasi
  • Win+Left or Win+Right – snap the current window to the left or right, talking up half of the screen space
  • Win+Up – maximize a window
  • Ctrl+Win+Left or Ctrl+Win+Right – switch to the next virtual desktop (again, more on that later)
  • Ctrl+Win+D – create a new virtual desktop (you get the drift)

Gunakan PIN bukan Password Untuk Kemanan PC/Laptop Kalian

Pada Windows 10 sendiri akan lebih optimal jika kalian menghubungkannya dengan akun Microsoft. Hanya saja, sangat tidak praktis jika setiap login ke Windows harus memasukan password terus. Sebagai gantinya, anda bisa menggunakan PIN, hebatnya lagi PIN ini tidak butuh menekan tombol “Enter”.

Multiple Desktop

Mungkin inilah yang bisa dibilang fitur yang paling menarik pada Windows 10, yakniMulti-desktop. Dengan fitur ini, kalian bukan hanya bisa berbagi dan membedakan aplikasi pada setiap desktop, melainkan hampir mirip seperti memiliki banyak user yang berbeda namun tetap terhubung dengan cepat.
So guys, sekarang kalian sudah mengetahui beberapa trik trik dasar dari Windows 10. Jadi tunggu apalagi? Segeralah bermigrasi ke OS teranyar besutan Bill Gates ini. Mudah-mudahan informasi ini berguna bagi kita semua.
Sekian artikelnya, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com